Saturday, February 13, 2016

Terjemahan kitab THAI SANG GAN IN PIAN (太 上 感 应 篇)

Terjemahan kitab THAI SANG GAN IN PIAN (太 上 感 应 篇)
mahadewa thai siang lao cin

Diambil dari arsip diskusi di http://www.siutao.com
Ditulis oleh SHAN MAO, pada September 2008


Ta Cia Siek Tao Hao,

Hallo semuanya, saya punya keinginan untuk menterjemahkan Kitab THAI SANG GAN IN PIAN ( 太 上 感 应 篇 ), kalau diterjemahkan mestinya adalah : KITAB BISIKAN WAHYU THAI SANG ! (Kitab Bisikan WAHYU ILLAHI / TUHAN !)

Sekarang saatnya saya mulai mencoba, menterjemahkan kitab ini :


1. 太 上 曰 :“ 祸 福 无 门, 惟 人 自 召; 善 恶 之 报,如 影 随 形。”
( THAI SHANG YUE :“HUO FU WU MEN,WEI REN ZI ZHAO ;SHAN EK ZHI BAO,RU YING SUI XING。”)


MAHADEWA THAI SHANG LAO JUN bersabda : ” Musibah dan Rejeki walaupun tidak disediakan pintu, semua tetap akan mampir juga tergantung perbuatan manusianya ; Balasan dari perbuatan baik atau perbuatan jahat seseorang, bagaikan bayangan yang mengikuti tubuhnya.”

Penjelasannya :


MAHADEWA THAI SHANG LAO JUN bersabda : Bahwa Musibah dan Rejeki itu sepertinya saling berlawanan, namun tetap merupakan satu kesatuan, bisa saling mempengaruhi dan saling bertukar tempat !   Masalah MUSIBAH dan REJEKI ini ya seperti pepatah : “Menanam kacang akan memanen kacang !   Menanam labu ya akan memanen labu !”, semua tergantung dari perbuatan diri kita sendiri, ganjaran sebab akibat ini sama sekali tidak akan meleset !   Dimana bagi orang yang selalu melakukan kebajikan, rejekilah sebagai ganjarannya, sedangkan bagi orang yang selalu berbuat kejahatan, musibahlah yang akan menghampirinya !
Karena itu kita diingatkan bahwa, jangan mengira “suatu perbuatan kecil yang baik” tidak ada gunanya lantas tidak mau berbuat !   Sebaliknya juga jangan mengira “suatu perbuatan kecil yang jahat” tidak ada balasannya lantas sengaja melakukannya !   Sebab semua itu tetap akan dicatat dan akan mempengaruhi ganjaran yang akan kita terima dikemudian hari !


2. 是 以 天 地 有 司 过 之 神; 依 人 所 犯 轻 重,以 夺 人 算。
( SHI YI TIAN DI YOU SI GUO ZHI SHEN ;YI REN SUO FAN QING ZHONG,YI DUO REN SUAN。)


* Karena itu ada DEWA / DEWI yang bertugas khusus memperhatikan perbuatan manusia di dunia ini ; Beliau akan memberikan catatan yang sesuai dengan perbuatan masing2 manusia, demi untuk mengurangiREN SUAN ( Jatah rejeki! ).


NB: 1 REN-SUAN = 100 hari hitungan usia manusia.

Kalimat ini mengingatkan kita, bahwa jadi manusia jangan suka lupa daratan, karena semua perbuatan kita selama ini dan untuk yang akan datang, selalu dalam pengawasan DEWA / DEWI, terutama oleh FFS kita !   Dan harap diingat bahwa DEWA / DEWI itu tidak bisa disogok dan tidak bisa berbohong !   Jadi semua ganjaran yang kita peroleh adalah murni AKIBAT perbuatan kita sendiri !   Jadi tergantung dari perbuatan kita, apakah nanti kita memperoleh tambahan REN – SUAN, ataukah justru mendapat pemotongan REN-SUAN nya!

MAKA SEBAGAI UMAT MANUSIA, SILAHKAN SAJA DIRENUNGKAN SECARA CERMAT DAN TELITI !


3. 算 减 则 贫 耗,多 逢 忧 患。 人 皆 恶 之,刑 祸 随 之。 吉 庆 避 之,恶 星 灾 之。 算 尽 即 死。
( SUAN JIAN ZE PIN HAO,DUO FENG YOU HUAN。 REN JIE EK ZHI,XING HUO SUI ZHI。 JI QING BI ZHI,EK XING ZAI ZHI。 SUAN JIN JI SI。)


* Kalau vonisnya “PENGURANGAN” maka akan terjadi raibnya harta dan jatuh miskin, banyak musibah dan malapetaka yang datang silih berganti.   Banyak orang membenci dia, masalah dan musibah selalu mengikuti dia.   Hoki dan keberuntungan selalu menghindari dia, nasib sial akan selalu menimpa dirinya.   Kalau REN SUAN nya sudah terpotong habis, maka ajal pun datang menjemputnya.

Kalimat ini menasehati kita bahwa : Orang yang suka berbuat jahat, maka umurnya akan dikurangi sesuai dengan perbuatan jahatnya, selain itu masih mendapat ganjaran berupa hancurnya keluarga dan susahnya kehidupan dikemudian hari, karena kesialan dan musibah akan selalu datang silih berganti.   Orang yang senang berbuat jahat, diandaikan bahwa dari tubuhnya memancar aura berwarna kehitaman (Aura kesialan!), iblis kesialan paling suka dengan aura kesialan itu !   Maka nasib sial dan malapetaka akan selalu menyertainya !   Sebaliknya HOKI dan KEBERUNTUNGAN akan berlomba-lomba menjauhinya.

Jadi berbuat satu kebaikan akan mendapat satu HOKI, berbuat satu kejahatan akan menambah satu musibah !   ( 行 一 善,得 一 福 ;作 一 恶,添 一 祸。 XING YI SHAN,DE YI FU;ZUO YI EK,TIAN YI HUO。)   INGAT KUAT2 KALIMAT INI !    Jangan sampai gara2 perbuatan jahat yang menumpuk, menyebabkan REN SUAN nya habis terpotong ludes, ketika ajal tiba pun masih mengalami banyak penderitaan !

HAL INI PALING KONTAN TERJADI BAGI ORANG YANG DENGAN SENGAJA INGIN MENJELEK-JELEKKAN AGAMA TAO !!!    Renungkan baik2 bagi semuanya !


4. 又 有 三 台 北 斗 神 君,在 人 头 上 录 人 罪 恶,夺 其 纪 算。
( YOU YOU SAN TAI BEI DOU SHEN JUN,ZAI REN TOU SHANG LU REN ZUI EK,DUO QI JI SUAN。)


* Ada Dewa SAN TAI dan BEI DOU, yang bertugas mencatat semua perbuatan manusia, untuk diberi ganjaran yang setimpal.

Kalimat ini sekali lagi mengingatkan kita bahwa : Diatas kepala kita ada DEWA SAN TAI yang khusus mengurusi masalah FU (HOKI) ; LUK (JABATAN) ; SHOU (USIA).   Kalau berbuat kebaikan maka ketiga rejeki itu akan bertambah, sebaliknya kalau berbuat jahat maka ketiga rejeki juga dikuranginya !   Selain DEWA SAN TAI masih ada DEWA BEI DOU yang menentukan NASIB seseorang, bila berbuat baik, maka nasibnya akan berkembang dan lancar !   Bila berbuat jahat, nasibnya akan hancur berantakan !

Beliau2 itulah yang bertugas selalu mengawasi perbuatan setiap umat manusia, untuk selanjutnya menentukan apakah perlu MENAMBAH atau MENGURANGI “JI SUAN” seseorang.

– 1 JI = 12 tahun usia.
– 1 SUAN = 100 hari usia.



5. 又 有 三 尸 神,在 人 身 中,每 到 庚 申 日 辄 上 诣 天 曹,言 人 罪 过。
( YOU YOU SAN SHI SHEN,ZAI REN SHEN ZHONG,MEI DAO GENG SHEN RI ZHE SHANG TIAN CAO,YAN REN ZUI GUO。)


* Ada SAN SHI SHEN ( 3 penjaga khusus yang ada di kepala ; dada ; perut ), yang setiap hari GENG SHEN ( 60 hari sekali ) akan melaporkan segala perbuatan jahat seseorang ke DEWA khusus pencatat yang ada di sorga.

Maksud kalimat ini adalah : jaman dulu ada orang yang percaya bahwa di dalam kepala, dada dan perut seseorang selalu ada penjaganya masing2, sehingga setiap orang yang punya niat jahat ; orang yang berpikiran jahat ; orang yang melakukan kejahatan ; orang yang makan sesuatu yang berasal dari hasil kejahatan dsb !   Selalu dicatat dan dilaporkan ke atas setiap hari GENG SHEN (60 hari sekali).

Jadi orang berbuat kejahatan, jangan mengira asal orang lain tidak melihatnya berarti aman !   Hal itu adalah perbuatan yang menipu diri sendiri !    Karena itu, kalau tidak ingin ada yang melaporkan perbuatan jahatnya, maka satu2nya jalan adalah gunakan pepatah ini “要 想 人 不 知,除 非 己 莫 为。”  (YAO XIANG REN BU ZHI, CHU FEI JI MO WEI = BILA INGIN TIDAK ADA YANG TAHU PERBUATANNYA, MAKA YA JANGAN BERBUAT ! ).   JADI BENAR ADANYA, KALAU TAO SELALU MENGETAHUI SEGALA SESUATU YANG KITA PERBUAT !

kalau tidak ingin ada yang melaporkan perbuatan jahatnya, maka satu2nya jalan adalah gunakan pepatah ini “要 想 人 不 知,除 非 己 莫 为。”  (YAO XIANG REN BU ZHI, CHU FEI JI MO WEI = BILA INGIN TIDAK ADA YANG TAHU PERBUATANNYA, MAKA YA JANGAN BERBUAT ! ).   JADI BENAR ADANYA, KALAU TAO SELALU MENGETAHUI SEGALA SESUATU YANG KITA PERBUAT !



6. 凡 人 有 过,大 则 夺 纪,小 则 夺 算。
( FAN REN YOU GUO,DA ZE DUO JI,XIAO ZE DUO SUAN。)


* Bila orang telah berbuat kejahatan, satu perbuatan jahat yang besar akan mengurangi umurnya selama 12 tahun (1 JI), satu perbuatan jahat yang kecil akan mengurangi umurnya selama 100 hari (1 SUAN).

7。其 过 大 小,有 数 百 事。欲 求 长 生 者,先 须 避 之。
( QI GUO DA XIAO,YOU SHU BAI SHI。YU QIU CHANG SHENG ZHE,XIAN XU BI ZHI。)


* Macam2 perbuatan jahat ada ratusan bentuknya.   Bagi orang yang ingin berumur panjang, harus terlebih dahulu mengetahuinya.

Maksud kedua kalimat ini adalah : Bahwa seseorang, kalau sudah berbuat satu kejahatan yang besar, maka umurnya akan berkurang sebanyak 12 tahun, kalau berbuat satu kejahatan kecil saja, maka umurnya akan dikurangi sebanyak 100 hari. Mengenai besar kecilnya suatu perbuatan jahat, jumlahnya ada ratusan jenis (mungkin sekarang ada ribuan jenis kali ya, mengikuti kemajuan jaman !).   Karena itu bagi orang XIU-DAO yang ingin berumur panjang, harus bisa mengetahuinya dahulu, supaya bisa menghindarinya. Ayoo… belajar mengingat perbuatan2 yang harus dihindari !


8. 是 道 则 进,非 道 则 退。
( SHI DAO ZE JIN,FEI DAO ZE TUI。)


* Kalau TAO maju terus, kalau bukan TAO ya tinggalkan saja.
Kalimat di atas, menasehati kita bahwa jadi orang harus selalu berpegangan pada Ajaran AGAMA TAO, dalam kehidupan sehari-hari kita dinasehati untuk selalu melakukan perbuatan yang sesuai dengan Ajaran AGAMA TAO.

Walaupun sesungguhnya kita tahu bahwa : “知 道 易,信 道 难;信 道 易,行 道 更 难。/ ZHI DAO YI, XIN DAO NAN; XIN DAO YI, XING DAO GENG NAN. = Mengenal TAO itu gampang, Percaya TAO itu susah ; Giliran sudah percaya TAO, melaksanakan TAO ternyata lebih susah lagi !”    Namun kita harus tetap teguh dalam keyakinan bahwa seseorang kalau ingin panjang umur dan hidup sejahtera, maka harus selalu berpedoman pada kalimat : “ 依 ‘道’ 而 行,断 恶 向 善。/ YI DAO ER XING, DUAN EK XIANG SHAN = Selalu melakukan perbuatan sesuai Ajaran AGAMA TAO. Selalu menjauhi kejahatan dan selalu berusaha menggapai kebajikan.” Harus bisa berkeyakinan sampai : ” 宁 守 善 而 死,不 为 恶 而 生。/ NING SHOU SHAN ER SI, BU WEI EK ER SHENG = Lebih baik mati gara2 mempertahankan kebajikan, dari pada hidup dengan berbuat kejahatan.


9. 不 履 邪 径。 不 欺 暗 室。 积 德 累 功。 慈 心 於 物。
( BU LV XIE JING。BU QI AN SHI。 JI DE LEI GONG。CI XIN YU WU。)


* Tidak menapak dijalan yang sesat.   Tidak berbuat kejahatan di tempat yang gelap.   Selalu mengumpulkan amal dan jasa.   Bisa menyayangi semua yang ada dengan benar.

Kalimat diatas menasehati kita bahwa: Sebagai UMAT AGAMA TAO harus bisa selalu memilih jalan yang benar !   Tidak boleh berbuat kejahatan, walaupun tahu kalau tidak seorangpun yang melihatnya !      Harus selalu berusaha mengumpulkan GONG DE, dengan selalu berbuat kebaikkan  ; berbuat amal kebajikan menolong orang lain !   Selalu menyayangi dan melindungi segala mahluk kehidupan dan benda2 yang ada disekeliling lingkungan hidup kita dengan benar !

Kalau ditilik dari kalimat perkalimat maka :


– BU LV XIE JING berarti : Hal2 yang paling berharga dari semua orang yang SIU-TAO adalah, KEMURNIAN & KETULUSAN (ZHEN) hati nurani serta sifat yang jauh dari keserakahannya, karena itu menghadapi segala sesuatu yang melanggar Ajaran TAO, harus bisa mengenali dan langsung menolak ataupun menjauhinya ! Bukan hanya dirinya yang sanggup melakukan hal ini, tapi juga berikrar untuk selalu membantu orang lain menjauhi segala sesuatu yang sesat dan kembali kejalan yang benar !   (Menolong diri dan menolong orang lain ! = 救 人 救 己!)。

– BU QI AN SHI berarti : Melakukan sesuatu harus benar dan apa adanya !   JANGAN BERPIKIR KARENA TIDAK ADA YANG MELIHAT, LANTAS BERANI MENCURI LONCENG SAMBIL MENUTUPI TELINGANYA SENDIRI !, itu adalah perbuatan yang menipu dirinya sendiri !   Ingat segala perbuatan kita selalu ada yang mengawasinya, ganjarannya pasti datang tepat pada waktunya dan adil adanya !   Jangan sampai tidak percaya !!!   (NB: AN SHI = Tempat yang gelap dan tersembunyi.)

– JI DE LEI GONG berarti : Sebagai ORANG TAO, harus selalu ingat nasehat NABI LAO ZI yang mengatakan “JANGAN MENGIRA SEBUAH PERBUATAN BAIK YANG KECIL ITU TIDAK BERGUNA, SEHINGGA TIDAK MAU BERBUAT ! =  勿 以 善 小 无 益 而 不为!/ WU YI SHAN XIAO WU YI ER BU WEI “, dalam berbuat GONG DE paling penting bagaimana bisa menabung / mengumpulkan dari perbuatan baik yang kecil2 !   Karena dengan mengumpulkan tanah yang sedikit2 itu toh bisa menjadi bukit !   Gedung yang tinggi juga berasal dari tumpukan batu bata yang kecil2 !   Jadi harus bisa setiap hari memikirkan bagaimana caranya berbuat baik, berusaha selalu melakukannya setiap ada kesempatan, itulah maksud yang sebenarnya dari kalimat ini !

– CI XIN YU WU berarti : Sebagai UMAT AGAMA TAO, kita diwajibkan untuk bisa menjaga dan melestarikan alam lingkungan hidup kita, dengan cara MENYAYANGI semua yang ada di alam semesta ini ! Menyayangi semua mahluk hidup dan benda apapun yang ada di alam semesta ini secara tepat dan benar, jangan sampai ada tindakan kita yang bisa merusak lingkungan hidup, dan jangan sampai ada tindakan kita yang bisa merusak lingkaran ekosistim yang ada di alam semesta ini !   Bila ingin memanfaatkan segala sesuatu yang tersedia dialam semesta ini, silahkan saja dipergunakan secara proporsional, dan dilarang bertindak secara berlebihan !   Ingatlah selalu tentang TEORI YIN YANG dalam keseimbangan yang paling sempurna !
!   Ingatlah selalu tentang TEORI YIN YANG dalam keseimbangan yang paling sempurna !


10. 忠 孝 友 悌。 正 己 化 人。 矜 孤 恤 寡。 敬 老 怀 幼。
( ZHONG XIAO YOU TI。ZHENG JI HUA REN。 JIN GU XU GUA。 JING LAO HUAI YOU。)


*Setia dan berbakti kepada sanak keluarga dan teman baik kita.   Merevisi diri sekaligus membuka hati yang lain.   Memperhatikan dan menyantuni orang duafa yang lemah tak berdaya.   Menghormati yang tua dan mengayomi yang muda.

Kalimat diatas menasehati kita, bahwa KESETIAAN dan BERBAKTI kepada keluarga dan teman baik kita harus dijunjung tinggi, karena itu dalam AGAMA TAO ada anjuran  忠 孝 之 道 / ZHONG XIAO ZHI DAO ( = Ajaran kesetiaan dan berbakti yang luhur !), sehingga dalam AGAMA TAO ada golongan DEWA / DEWI yang khusus melambangkan KESETIAAN dan BERBAKTI ( 忠 孝 神 仙 / ZHONG XIAO SHEN XIAN ).

AGAMA TAO menganggap kalau seseorang tidak punya “poin amal kebajikan” dalam lingkup BERBAKTI dan KESETIAAN, maka orang ini tidak akan pernah bisa jadi DEWA / DEWI.   Bayangkan saja : Seseorang yang selalu menganggap bahwa bulan purnama di negara orang lain selalu lebih bulat dari bulan purnama di negaranya sendiri ; Barang buatan negara lain selalu lebih hebat dari pada buatan bangsa sendiri, sampai2 rela mengkhianati bangsa & negaranya sendiri !   ORANG2 YANG DEMIKIAN INI JELAS DIANGGAP ORANG YANG TIDAK BERMARTABAT !   Sehingga tidak mungkin bisa SIU-TAO dengan benar.

AGAMA TAO mengajarkan kita bahwa : 人 类 平 等,万 物 一 体,敬 天 爱 民,互 助 以 诚。/ REN LEI BING DENG, WAN WU YI TI, JING TIAN AI MIN, HU ZHU YI CHENG. = Manusia diciptakan oleh TAO dalam bentuk yang sama derajatnya ( Tak satupun yang berhak mengklam dirinya lebih utama dari yang lainnya !), semua yang ada di alam semesta ini ibaratnya satu kesatuan, karena itu harus selalu menghormati TIANdan menyayangi sesama, selalu harus bisa bekerja sama dalam ketulusan.   Itulah sebabnya kita selalu dianjurkan untuk bisa berusaha membina kehidupan bermasyarakat yang harmonis, damai dan sejahtera berdasarkan kesetaraan dan keadilan yang hakiki.
Dalam AGAMA TAO ada Ajaran 3 ZHEN yaitu : ZHEN XIN (Meluruskan hati nurani) ; ZHEN SHEN ( Meluruskan tingkah laku tubuh kita) ; ZHEN GOU ( Meluruskan pembicaraan kita !!!)    Karena itu orang TAO yang paling mulia adalah KELAPANGAN DADANYA, yang didukung dengan KESATUAN ANTARA UCAPAN DAN PERBUATANNYA sehingga TINGKAH LAKUNYA SELALU TULUS DAN MULIA !   Hal inilah yang digunakan untuk mempengaruhi orang2 disekitarnya.

Ada pepatah yang mengatakan bahwa : 己 不 正 不 能 正 人 / JI BU ZHEN BU NENG ZHEN REN = ( Kalau dirinya tidak benar, tidak mungkin bisa mengajari orang lain menjadi benar !), ini menunjukkan bahwa untuk bisa menasehati orang lain menjadi benar, maka dirinya sendiri harus lebih benar dahulu.

Itulah sebabnya dalam AGAMA TAO selalu dipentingkan bahwa : PELAJARAN DARI TINGKAH LAKU JAUH LEBIH PENTING DARI PADA OMONG KOSONG SAJA ( 身 教 重于 言 教。/ SHEN JIAO ZHONG YU YAN JIAO.)

Dalam perilaku yang mulia itu, jelas mencakup tindakan bagaimana seharusnya kita berusaha selalu memperhatikan dan menolong mereka2 yang sedang jatuh dalam kehidupan yang menderita dan miskin.   Juga ditekankan bahwa sebagai manusia, sudah merupakan kewajiban bagi kita untuk selalu bisa menghormati orang2 yang lebih tua dari kita, dan selalu berusaha mengayomi orang2 yang lebih muda dari kita, semua itu merupakan amal kebajikan yang harus selalu kita lakukan secara sungguh2 dan tulus.


11. 昆 虫 草 木,犹 不 可 伤。
( KUN CHONG CAO MU,YOU BU KE SHANG。)


* Serangga ; rumput dan pohon, jangan disakiti secara semena-mena.

Kalimat ini menasehati kita, bahwa semua mahluk dan benda yang ada di alam semesta ini, pasti ada gunanya.   Karena itu jangan disakiti secara semena-mena, jangan membabat hutan secara semena-mena ; Jangan membunuhi serangga secara membabi buta !   Kalau ingin mengatur dan menguasai hama, sebaiknya gunakan cara yang selektif, supaya tidak mengorbankan serangga yang berguna lainnya.


12。宜 悯 人 之 凶,乐 人 之 善,济 人 之 急,救 人 之 危。
( YI MIN REN ZHI XIONG,LE REN ZHI SHAN,JI REN ZHI JI,JIU REN ZHI WEI。)


* Harus bisa memberikan empati kepada penderitaan orang lain, dan gembira serta mendukung terhadap perbuatan baik orang lain, serta siap selalu membantu terhadap kesulitan yang dihadapi orang lain.

Seseorang berbuat salah, harus dilihat apakah perbuatan kesalahan itu dilakukan secara sengaja ataukah tidak sengaja, kalau tidak sengaja, maka harus dinasehati supaya bisa memperbaikinya dan tidak akan melakukan kesalahan yang serupa !   Kalau sengaja berbuat suatu kesalahan, maka harus dihadapi dengan tekun dengan tetap kasihan terhadapnya, bantu dia ; awasi dia sampai dia berhasil merubah sikapnya serta bertobat secara sungguh2 !   Sebaliknya jangan sengaja menyebar2kan kejelekannya kepada orang lain !

Bila orang berbuat amal, kita jangan malah cemburu atau iri hati sampai memfitnah dan mentertawakan perbuatan orang tsb !   Justru kita harus merasa bangga dan ikut menyebar luaskan perilaku perbuatan amalnya kepada orang lain!   Supaya dia bisa dijadikan teladan bagi orang lain untuk ikut berbuat amal kebajikan.

Nah kalau kalimat terakhir ini, jelas menganjurkan kita untuk selalu siap menolong orang lain yang sedang kesusahan, tanpa pandang bulu !   Jaman sekarang ini, sering kita melihat banyak orang yang tak bergeming sedikitpun (tak tergerak hatinya !), ketika melihat ada orang miskin / melarat yang sedang menghadapi kesusahan dan masalah !   Sebaliknya kalau ada orang yang kaya apalagi kalau kebetulan pejabat yang berkuasa yang sedang mengalami masalah, maka mereka “sok sibuk sekali” membantu ini dan itu dengan harapan (pamrih) tertentu !


13。 见 人 之 得,如 己 之 得。 见 人 之 失,如 己 之 失。
( JIAN REN ZHI DE,RU JI ZHI DE。 JIAN REN ZHI SHI,RU JI ZHI SHI。)


* Melihat kebahagiaan dan penderitaan orang lain, sedapat mungkin bisa dirasakan sebagai kebahagiaan dan penderitaan kita juga.

Sebagai manusia yang BERAGAMA TAO, kita harus bisa berjiwa mulia dan lapang dada !   Ketika ketemu orang yang lebih baik dan lebih unggul dari kita, maka kita harus menempatkan dia sebagai teladan kita, dan berupaya belajar untuk bisa meningkatkan kompetensi kita sendiri. ( 见 贤思 齐 / JIAN XIAN SI QI = Selalu ingin belajar dan meningkatkan kemampuan diri seperti keteladanan yang kita temui。)

Terhadap apapun keberhasilan seseorang, kita tidak boleh iri hati, justru sebaliknya kita harus bisa merasa bahagia dengan menganggap bahwa keberhasilan orang lain itu seperti keberhasilan kita juga.   Begitu juga kita harus bisa berempati kepada kegagalan orang lain, karena kita bisa merasakan bahwa kegagalan orang lain itu seperti kegagalan kita juga.   Percayalah segala sesuatu yang kita lakukan dengan setulus hati, pasti hasilnya kita akan memperoleh tanggapan yang setulus hati juga !   
( 真 诚 的 行为,必 然 得 到 真 诚 的 回 报。 / ZHEN CHENG DE XING WEI,BI RAN DE DAO ZHEN CHENG DE HUI BAO。 = Perbuatan yang tulus pasti akan mendapatkan imbalan yang tulus juga)


14。不 彰 人 短,不 炫 己 长。遏 恶 扬 善,推 多 取 少。
( BU ZHANG REN DUAN,BU XUAN JI CHANG。 HE EK YANG SHAN,TUI DUO QU SHAO。)


* Tidak menyebar-luaskan keburukkan orang lain, tidak memamerkan keunggulan diri sendiri.   Mencegah terjadinya perbuatan jahat, mendukung perbuatan yang baik, mengambil bagian yang kecil dan mengalah untuk orang lain bagian besarnya.

Prinsip perilaku UMAT AGAMA TAO sesuai Ajaran NABI LAO ZI adalah :  处 下,柔弱,不 争,谦 让。 / CHU XIA,ROU RUO,BU ZHENG,QIAN RANG。 =Memposisikan Diri Di Bawah, Lemah Lembut, Tidak Berebutan, Mengalah.   Hal ini sangat sesuai dengan sifat air yang pernah disinggung dalam KITAB TAO TEK CING BAB 8 !   Karena itu berdasarkan prinsip dasar anjuran diatas, maka pada umumnya UMAT AGAMA TAO seharusnya tidak suka menyebarkan kejelekkan orang lain ; tidak suka memamerkan keunggulan diri sendiri ; ketika diatas tidak bersikap sombong, ketika dibawah tidak putus asa ; bersifat seperti samudra yang bisa menerima semua limpahan air dari sungai2 yang lebih kecil.

Mencegah kejahatan dan menjunjung tinggi kebajikan !   Memang dalam ajaran AGAMA TAO zaman dulu ada kalimat yang mengatakan bahwa :  除 暴 安 良, 杀 恶 人 即是 扬 善。/ CHU BAO AN LIANG,SHA EK REN JI SHI YANG SHAN。 = Membasmi kebatilan dan mengamankan kebajikan, menyingkirkan orang jahat berarti berbuat amal kebajikan.   Sepintas memang kesannya seolah-olah UMAT AGAMA TAO itu tangan kanannya memegang HIO sedangkan tangan kirinya memegang senjata !   Tapi sesungguhnya kalimat di atas hanya menasehati kita, untuk sedapat mungkin mengalah sampai batas yang maksimal, kalau sudah tidak bisa mengalah lagi, maka menggunakan kekerasan juga diperbolehkan !   Ini justru sangat mirip dengan sifat alamiah air yang sesungguhnya, ketika sudah diprovokasi oleh perilaku kejahatan manusia yang berlebihan, maka banjir dahsyat akan datang sebagai perlawanan air terhadap perilaku jahat umat manusia.

Dan dari ajaran diatas itulah, maka UMAT AGAMA TAO sejak zaman kuno dulu, demi tegaknya KEADILAN dan KEBEBASAN masyarakat, selalu merupakan bagian dari arus masyarakat yang berperang melawan kebatilan penguasa ; melawan kebengisan kaum penjajah sampai berdirinya negara yang bebas dan merdeka seperti sekarang ini !

Selain itu dalam masalah penghargaan / jasa, UMAT AGAMA TAO selalu dianjurkan untuk tanpa pamrih, sehingga muncul sifat yang suka mengalah, mengalah terhadap bagian penghargaan yang lebih besar untuk orang lain.


15。受 辱 不 怨,受 宠 若 驚。施 恩 不 求 报,与 人 不 追 悔。
( SHOU RU BU YUAN,SHOU CHONG RUO JING。SHI EN BU QIU BAO,YU REN BU ZHUI HUI。)


* Tetap sabar ketika mendapat penghinaan, dan waspada ketika mendapat penghargaan.   Ketika memberi tidak mengharapkan balasan, setelah memberi atau membantu orang lain juga pantang menyesal.

Kalimat ini, menasehati UMAT AGAMA TAO, bahwa dalam kehidupan sebagai manusia, mendapatkan penghinaan ataupun penghargaan adalah hal yang biasa, jangan terlalu dibesar-besarkan !   Justru kita dianjurkan untuk selalu bisa menilai diri sendiri supaya bisa tahu diri, sehingga terhindar dari banyak hal yang akan melecehkan diri kita sendiri !   Karena itu kalau toh mendapat penghinaan dari orang lain, maka seharusnya kita bisa menggunakan kesempatan ini untuk melatih kemampuan diri kita, maju terus mencari Inti Ajaran AGAMA TAO, jangan mudah putus asa hanya karena sindiran oknum2 yang tidak bertanggung jawab !   Ambil hikmah dari penghinaan orang lain untuk memacu diri sendiri supaya lebih tangguh dan sukses mencapai puncak cita2 kita !

Sebaliknya, ketika mendapat penghargaan / sanjungan dari orang lain, kita juga harus waspada, jangan mudah mabuk kepayang hanya gara2 sanjungan beberapa orang saja !   Selalu waspada dengan prinsip untuk bisa selalu memupuk jiwa yang : TULUS DAN JUJUR ; LAPANG DADA ; ADIL TANPA PANDANG BULU ; BERTANGGUNG-JAWAB DAN WELAS ASIH !

Hanya dengan kejiwaan di atas itulah, maka kita baru bisa mengerti keadaan tanpa pamrih yang sesungguhnya, dimana “Ketika memberi kepada orang lain tidak mengharapkan balasan ; setelah memberi / membantu orang lain pantang menyesal dikemudian hari !”    Kemuliaan Orang Bijak ketika beramal adalah :Rasa Keadilan = 平 等 心 / PING DENG XIN (tidak membeda2kan orang) ; Rasa Empati yang tulus = 慈 悲 心 / CI BEI XIN (tidak pura2 / ada udang dibalik batu).


16。所 谓 善 人, 人 皆 敬 之, 天 道 佑 之, 福 禄 随 之, 众 邪 远 之, 神 灵 卫 之, 所 作 必 成, 神 仙 可 冀。
( SUO WEI SHAN REN,REN JIE JING ZHI,TIAN DAO YOU ZHI,FU LU SUI ZHI,ZHONG XIE YUAN ZHI,SHEN LING WEI ZHI,SUO ZUO BI CHENG,SHEN XIAN KE JI。)


* Maka setiap orang yang baik dan berbudi luhur, orang2 akan selalu menghormatinya, TUHAN / TIAN DAO melindunginya, kebahagiaan dan rejeki selalu mengikutinya, segala kesialan dan malapetaka menjauhinya, DEWA / DEWI mengayominya, semua perbuatannya selalu berhasil sesuai dengan keinginannya, ingin menjadi DEWA / DEWI pun ada harapan.

Dalam AGAMA TAO yang disebut sebagai orang baik dan berbudi luhur, minimal harus memenuhi kriteria : Sering membantu kegiatan sosial di dalam masyarakat dan berbuat sesuatu yang sangat berguna bagi kesejahteraan masyarakat ; Suka membantu / menolong orang lain ; Berjiwa besar dan penuh empati terhadap kesusahan orang lain ; Tidak pernah berbuat kejahatan yang melanggar hukum.

Dengan demikian orang yang baik dan berbudi luhur itu pasti banyak berbuat GONG DE ( Amal Kebajikan) yang selaras dengan kehendak TAO, sesuai dengan keinginan masyarakat banyak, sehingga kemanapun beliau pergi akan selalu dihormati oleh orang lain.

Selain itu, orang yang baik dan berbudi luhur, akan selalu dijauhi oleh kesialan dan malapetaka, bahkan roh jahat pun takut mendekatinya, karena orang baik dan berbudi luhur itu akan selalu dilindungi oleh DAO / TUHAN dan dijaga oleh Para DEWA / DEWI.   Beliau juga dimudahkan dalam kejodohan belajar AGAMA DAO, sehingga tubuhnya akan diselimuti aura tameng KANG QI yang mulia, karena itu semua ilmu hitam tidak akan mampu melukainya lagi.

Orang yang demikian ini, kalau bisa tabah dan tekun menjalankan Ajaran DAO, dan memiliki keteguhan iman yang luar biasa, maka segala perbuatannya akan selalu berhasil sesuai dengan keinginannya, bahkan untuk menjadi DEWA / DEWI pun sudah ada harapannya.


17. 欲 求 天 仙 者,当 立 一 千 三 百 善。 欲 求 地 仙 者,当 立 三 百 善。
( YU QIU TIAN XIAN ZHE,DANG LI YI QIAN SAN BAI SHAN。 YU QIU DI XIAN ZHE,DANG LI SAN BAI SHAN。)


* Bagi orang yang ingin menjadi DEWA / DEWI, perlu berbuat seribu tiga ratus kebaikan / kebajikan.   Bagi orang yang ingin menjadi orang yang berbudi luhur, minimal harus berbuat tiga ratus kebaikan / kebajikan.

Kalimat ini jelas menunjukkan sebuah pedoman awal bagaimana caranya untuk bisa menjadi DEWA / DEWI !   Semua Orang yang SIUTAO berkeinginan untuk bisa berhasil menjadi DEWA / DEWI, dan mengetahui bahwa hal yang paling nyaman sebagai DEWA / DEWI adalah sifatnya yang XIAO YAO ( 逍 遥 ) itu !

Namun untuk bisa XIAO YAO, maka saat sebagai manusia haruslah banyak berkeringat ; berkorban, untuk selalu bisa memberikan amal-jasanya kepada UMAT TAO dan MASYARAKAT serta NEGARA secara tanpa pamrih.   Dalam kitab ini dikatakan kalau mampu berbuat 1300 buah amal kebajikan, maka sudah cukup nilainya untuk menjadi DEWA / DEWI, namun dalam sejarahnya manusia, berbuat 1300 amal kebajikan secara tanpa pamrih, rasanya gampang2 susah deh !   Apalagi dalam zaman yang modern seperti sekarang ini !!!

Itulah sebabnya belajar AGAMA TAO harus punya keteguhan iman yang kuat; ditambah kerelaan berkorban demi kepentingan orang banyak dan memiliki pengetahuan yang luas !   Sehingga SIUTAO kita tidak mudah tergoda dan putus ditengah jalan !


18. 苟 或 非 义 而 动 , 背 理 而 行。( GOU HUO FEI YI ER DONG,BEI LI ER XING。)

* Kalau manusia tergoda oleh pikiran yang jahat / sesat, maka manusia akan melakukan perbuatan yang bertolak belakang dari TAO LI / CENG LI / HATI NURANI yang seharusnya.

Kalimat ini meneruskan kalimat ke 17, dimana NABI LAO ZI ingin mengingatkan manusia, bahwa untuk menjadi DEWA / DEWI perlu minimal berbuat 1300 Amal Kebajikan secara tanpa pamrih !   Kalau tidak bisa sebanyak itu, maka seharusnya kita perlu selalu mawas diri untuk tidak tergoda oleh perbuatan2 yang bejat dan sesat yang merupakan kebalikan dari HATI NURANI.

Kalau manusia sampai tergoda oleh pikiran2 sesat, maka setiap perbuatannya akan selalu menyimpang dari tuntunan HATI NURANI nya!   Mereka akan melakukan banyak perbuatan seperti apa yang diungkapkan oleh kalimat2 berikut ini !


19。以 恶 为 能 ,忍 作 残 害。( YI EK WEI NENG,REN ZUO CAN HAI。)

* Selalu berbuat kejahatan, kejam dan suka menyiksa / membunuh sesamanya.
Sekarang ini, ada sebagian orang yang perilakunya sangat menjijikkan !   Mereka itu jangankan berjasa terhadap masyarakat, terhadap diri sendiri saja tidak mau berperilaku baik untuk menabung amal jasa dan pahala, demi kehidupan yang akan datang !
Mereka ini selalu berbuat kejahatan, kalau bukan sewenang-wenang dengan kekuasaan yang kebetulan digenggamnya, maka sering berfoya-foya di tempat2 maksiat, berjudi, selalu mencari keributan, memfitnah dan menjerumuskan orang jujur yang baik, bahkan tega melakukan pembunuhan terhadap sesama demi kepentingan pribadinya.
Karena itu dalam kehidupan sehari-hari sekarang ini, kita bisa melihat banyaknya penyakit dan kesengsaraan luar biasa yang diderita sebagian orang2 tertentu !   Apakah itu bukan suatu akibat dari sistim keadilan yang Maha Adil dari TAO / TUHAN ???


20。阴 贼 良 善 ,暗 悔 君 亲。( YIN ZEI LIANG SHAN,AN HUI JUN QING。)

* Secara keji memfitnah dan mencelakakan orang baik, diam2 menggunakan kelicikannya untuk menipu atasan dan saudara2nya sendiri.

Orang yang baik, dalam melakukan suatu perbuatan selalu dilakukan dengan JUJUR dan TULUS apa adanya, setiap perbuatannya selalu mempertimbangkan apakah yang dilakukan itu sesuai dengan hukum dan hati nuraninya !   Karena itu orang TAO harus selalu mawas diri, sama sekali tidak boleh plintat-plintut (Apa yang dibuat, tidak sesuai dengan apa yang diucapkan ! ) ; Didepan orang bicara positif, setelah dibelakang orang justru ngomongnya negatif !

Bagi sebagian manusia yang sering berbuat kejahatan seperti kalimat ke 20 diatas itu, maka jelas orang2 ini akan sering melakukan perbuatan yang menghina dan melecehkan THIAN / TUHAN !   BISA DIBAYANGKAN SENDIRI, APAKAH AKIBAT YANG AKAN DITANGGUNGNYA DIKEMUDIAN HARI ???

INGAT : SEGALA PERBUATAN SELALU ADA GANJARANNYA !   KALAU SEKARANG INI BELUM MERASAKAN, ITU BUKAN BERARTI TIDAK ADA BALASANNYA !   HANYA SAJA WAKTUNYA BELUM SAMPAI !!! MAKA …BERTOBATLAH !   BERTOBATLAH !   BERTOBATLAH !


21。慢 其 先 生,叛 其 所 事。( MAN QI XIAN SHENG, PAN QI SUO SHI。)

* Kalau orang sudah menyimpang dari TAO, maka akan bersikap sombong terhadap Guru-nya, selalu melanggar Ajaran dan Nasehat Guru-nya.

Kalimat ini merupakan lanjutan dari kalimat ke 18, yang mengingatkan kita untuk selalu bisa menghormati dan menghargai Guru kita, karena sesungguhnya tanpa mengenal Guru yang baik, kita tidak akan tahu apa2, ini sesuai dengan nasehat NABI LAO ZI yaitu : “非 师 不 明 / FEI SHI BU MING = Tanpa melalui Guru, akan sulit tercerahkan !“

Apalagi AGAMA TAO selalu mewajibkan kita untuk :JING THIAN DI = Menghormati THIAN dan DI ( Menghormati TUHAN dan Menghargai ALAM SEMESTA CIPTAANNYA !) ; ZHONG JIA GUO = Setia kepada keluarga dan negara ; XIAO FU MU = Berbakti kepada Orang Tua ; CUN SHI CHANG = Menghormati dan menghargai Guru dan orang yang lebih tua.

Disini mengandung arti bahwa, seseorang sejak bayi sampai dewasa selalu membutuhkan jasa pendidikan dan bimbingan dari orang yang lebih tua, terutama GURU kita !   Karena itu hanya orang yang menyimpang dari Ajaran TAO lah, yang berani bersikap kurang ajar terhadap Guru-nya sendiri.   Apapun alasannya !!!


22。诳 诸 无 识,谤 诸 同 学。( KUANG ZHU WU SHI, BANG ZHU TONG XUE.)

* Membohongi orang2 yang lebih bodoh dari dirinya, dan memfitnah teman maupun kawan sekelasnya.

Kalimat ini merupakan lanjutan dari kalimat ke 18 juga, dimana menunjukkan bahwa orang yang telah menyimpang dari Ajaran AGAMA TAO, mereka akan tega membohongi orang lain, bahkan sanggup memfitnah kawan satu kelasnya ataupun mengkhianati temannya sendiri.

Sekarang ini kita bisa melihat banyak manusia yang kebetulan berkuasa dan kebetulan agak pandai sedikit saja, sudah merasa “PALING SOK BISA ! ”   Sehingga dalam pergaulannya selalu menganggap orang lain itu lebih bodoh dari dirinya, sikapnya sangat sombong dan arogan !   Gemar menggunakan siasat licik untuk memperdayai orang lain, setelah membodohi dan menipu orang lain bukannya merasa menyesal / malu, malah sebaliknya merasa sangat bangga sekali !   Orang ini ketika melihat orang lain berhasil dan lebih memiliki kemampuan dari pada dirinya, biasanya seketika itu juga timbul rasa iri dan dengkinya, sehingga dengan sikap siriknya dia akan membuat gossip dan siasat2 keji lainnya untuk menjatuhkan orang lain !

Orang yang telah menyimpang dari Ajaran TAO seperti ini, jelas tidak mungkin berhasil dalam SIU TAO nya, sesuai nasehat NABI LAO ZI bahwa : “非 道 远人,人 自 远 之 / FAI DAO YUAN REN, REN ZI YUAN ZHI ” =Bukannya TAO yang menjauhi manusia, namun manusianya sendiri yang sengaja menjauh dari TAO. Karena itu sebagai UMAT TAO kita harus bisa selalu waspada dan mawas diri, supaya tidak menyimpang dari Ajaran AGAMA TAO kita !


23。虚 诬 诈 伪,攻 讦 宗 亲。( XU WU ZHA WEI,GONG JIE ZONG QIN。)

* Dengan mengada-ada ; fitnah ; berbohong untuk membocorkan dan memelintir rahasia pribadi keluarga dan sanak familinya.

Masih merupakan lanjutan dari kalimat ke 18, dimana dijelaskan bahwa : Kalau seseorang telah menyimpang dari Ajaran TAO, maka kelakuannya juga sangat tidak terpuji !   Biasanya orang ini sangat suka secara mengada-ada / mencari-cari kesalahan saudara atau sanak famili sendiri !   Untuk dijadikan semacam gossip ; fitnah demi kepuasan membohongi orang lain dalam usahanya menjelek-jelekkan serta membocorkan kerahasiaan pribadi famili2nya sendiri !

Kita sebagai UMAT AGAMA TAO selalu dinasehati untuk menjunjung tinggi PERDAMAIAN dan memuliakan KEBAJIKAN ( 道 教 贵 ‘和’ 尚 ‘善’ / DAO JIAO GUI HE SHANG SHAN ), namun juga siap menentang bila ada pihak yang kuat / besar berbuat sewenang-wenang dan menzalimi pihak yang lemah / kecil.   Selain itu kita dianjurkan untuk selalu menjauhi sikap KEPURA-PURAAN ; KEPALSUAN ; PLINTAT-PLINTUT ; IRI ; DENGKI dsb., supaya bisa selalu mendekatkan diri kepada TAO.


24。刚 强 不 仁,狠 戾 自 用。( GANG JIANG BU REN,HEN LI ZI YONG。)

* Kasar ; Biadab ; Sewenang-wenang ; Tidak mempunyai hati nurani, Kejam dan Bengis dalam setiap perilakunya.

Kalimat ini juga menunjukkan bahwa orang yang telah menyimpang dari Ajaran TAO, akan mudah bersifat kejam dan bengis dalam setiap tingkah lakunya, orang2 ini akan tega menyakiti keluarga dan sanak familinya sendiri !   Karena itu jauh lebih kejam dari seekor harimau sekalipun !

Karena itu bagi UMAT AGAMA TAO, sesuai dengan kitab TAO TEK CING, maka kita selalu dinasehati untuk bersikap ” 坚 强 处 下,柔 弱 处 上 / JIAN JIANG CHU XIA,ROU RUO CHU SHANG = Gagah perkasa namun bersedia menempatkan diri diposisi bawah, dan selalu mengedepankan sikap lemah lembut dalam pergaulannya!”   Dengan demikian Orang SIUTAO seharusnya bisa selalu menonjolkan sikap RAMAH TAMAH ; LEMAH LEMBUT ; JUJUR dan TULUS HANGAT dalam setiap perilakunya, sama sekali tidak boleh bergaya sewenang-wenang dan jumawa !

Salam Hangat TAO.
XIE SHEN EN

0 komentar

Post a Comment