Thursday, April 7, 2016

ALIRAN KHONG HU CU, AJARAN BUDI PEKERTI.

ALIRAN KHONG HU CU, AJARAN BUDI PEKERTI.
Add caption
Beberapa kasus dibawah ini semuanya berhubungan dengan ajaran budi pekerti dan aliran Khong Hu Cu. Ajaran Khong Hu Cu juga tidak hanya berlaku untuk umat Khong Hu Cu saja, tapi berlaku untuk seluruh umat manusia.

- Louis, umur 30-an, pemuda lajang Katholik.Lurusan"perguruan tinggi di Jerman datang ke rumah untuk konsultasi mengenai kesehatannya, sering resah, susah tidur, / badannya sakit berpindah-pindah. Sudah ke beberapa dokter tapi penyakitnya tidak kunjung sembuh, juga mengeluhkan usaha dan pekerjaanya yang selalu bermasalah dan tidak berhasil.Melalui mata batin saya memeriksa Louis. saya terkejut mengetahui data pribadi Louis yang masih begitu muda tapi Rapor Perjalanan Hidup (RPH)-nya sudah merah angka mati, dan Skala Kadar Karma Buruk (SKKB)-nya tinggi hampir mentok.

Saya menelusuri perjalanan hidup Louis, dia anak pertama dari keluarga yang cukup kaya, maka karakter anak pertama pasti penuh dengan unsur dimanjakan. Hal ini sangat tidak baik untuk Louis. Lulus dari sekalah di Jerman, merasa lebih "maju" dari orang tuanya, maka mulai tidak mau mendengar nasehat orang tuanya, bahkan mulai mengatur dan memerintah orang tua. Hal ini lama kelamaan tanpa disadari mulai memasuki zona kurang-ajar terhadap orang tua. Nah hal terakhir inilah yang menyebabkan SKKB-nya menjadi tinggi hampir mentok. RPH-nya merah angka mati.

Setelah semuanya saya jelaskan pada Louis, saya katakan supaya dia jangan berusaha dan ngotot untuk menyembuhkan sakitnya dan melepaskan diri dari penderitaan. Jalani penderitaan ini dengan ikhlas dulu untuk menurunkan SKKB, sambil merubah perilakunya terhadap orang tua dan saudara-saudaranya. Diharapkan setelah RPH nya membaik dan SKKBnya menurun, keadaan Louis menjadi membaik.

Saya jelaskan kepada Louis bahwa ada aturan- aturan dari "Atas" yang dituangkan dalam ajaran budi pekerti Khong Hu Cu, yang kalau dilanggar akan mengakibatkan buruk atau dosa Terutama pelanggaran aturan mengenai sikap anak terhadap orang tua. Walaupun tujuannya baik, walaupun orang tua yang salah, sikap anak terhadap orang tua perlu dijaga supaya tidak masuki zona sikap kurang ajar.

Saya tahu Louis anak baik, hanya dia tidak tahu dan lupa karena terlalu lama mengikuti pola hidup masyarakat Eropa yang sangat liberal dalam segala hal, sampai memanggil orang tuanya dengan me- nyebut nama saja. Semoga Louis dapat mengerti dan memahami penjelasan saya. Ajaran budi pekerti sangat penting dalam menjalani hidup ini, sebab budi pekerti sangat erat hubungannya dengan karma.


- Hadi, 60-an tahun, umat Budhis, boss dari perusahaan besar. Saya kenal cukup dekat dengan dia.Kalau bertemu pembicaraan selalu terpusat pada bisnis. Semua yang dia kerjakan harus menguntungkan dia dan harus untung bagaimanapun caranya atau menghalalkan segala cara. Sehingga menurut pandangan saya, dia sudah sering bertindak "Habis manis sepah dibuang". Baik terhadap orang-orang bisnis, terhadap karyawannya maupun terhadap pejabat.

Prilaku yang dibawa oleh Hadi membuat RPH- nya merah angka mati dan SKKB-nya tinggi hampir mentok. Maka banyak bisnis Hadi mulai goyah dan merosot serta kesehatannya mulai terganggu. Waktu saya tahu Hadi terserang penyakit lever. Saya tahu keadaan Hadi sudah susah ditolong, sebab pasti SKKB Hadi sudah mentok. Kalau seseorang SKKB- nya mentok, maka tidak ada seorang pun yang dapat menolongnya.

Dari pengalaman saya dengan para tamu saya menemukan banyak kasus yang hampir sama, kalau SKKB mentok, orang tersebut mendadak sakit kanker berat, mendadak stroke dan lumpuh, mendadak gagal ginjal, mendadak koma dan lain lain. Penyakit yang sulit atau tidak dapat disembuhkan lagi. Sayang sekali, sering orang melupakan ajaran budi pekerti, mengejar keduniawian sampai meng- halalkan segala cara, sampai meninggalkan dunia dan tidak membawa apa-apa.

0 komentar

Post a Comment