Thursday, April 7, 2016

Roda Kehidupan

Roda Kehidupan
Add caption

Sisi bebas manusia adalah pemberian dari Allah, para roh suci pun tidak dapat ikut campur atau mengintervensi sisi bebas manusia. 

Sisi bebas manusia adalah hak manusia untuk menentukan pilihannya sendiri dalam menjalani hidup ini. Hal ini kelihatannya sangat menguntungkan, tetapi menurut pengamatan dan pengalaman saya, ada "plus" dan "minus"nya. Ada untung-ruginya. 

Untungnya, dapat dipakai untuk memilih yang baik dan yang benar-benar baik untuk perjalanan hidupnya, agar tidak keluar dari garis yang telah ditorehkan di "langit". 

Ruginya, karena manusia mempunyai kelemahan terhadap godaan panca-indra maka godaan panca-indra ini yang sebagian besar berupa godaan keduniawian, maka hak memilih dari sisi bebas ini banyak dimanfaatkan oleh mahluk halus yang jahat untuk memanfaatkan dan menguasai manusia. Jadi sangat perlu selalu hati-hati dan teliti dalam menggunakan hak sisi bebas manusia ini untuk menjatuhkan pilihannya.

Beberapa kasus yang akan saya tuliskan nanti, mungkin dapat lebih memperjelas masalah ini. 

Perjalanan hidup seseorang, biasanya juga disebut sebagai Roda kehidupan seseorang. Roda kehidupan ini digerakkan oleh adanya interaksi 3 unsur yaitu:


  1. Kwalitas roh 
  2. Karma 
  3. Sisi bebas manusia


Kwalitas roh, ditentukan oleh strata roh se-seorang, oleh kebersihan hati-nuraninya dan oleh pemahaman dan kesadaran spiritualnya. Kwalitas roh seseorang rohaniawan murni dengan seorang awam tentu berbeda. Disini peranan RPH sangat penting. Akan tetapi karena sifat roh sendiri cenderung untuk pro kemauan badan jasmaninya, sering mengikuti dan mendukung apa yang diinginkan oleh jasmaninya, sehingga kualitas roh tidak terlalu pegang peranan. 

Karma, ditentukan oleh seberapa banyak karma buruk dan baik yang dimilikinya. Ini sangat menentukan, seorang dengan karma buruk yang hampir montok atau menanggung "beban" yang berat sehingga sangat mempengaruhi gerak dari Roda kehidupan nya.Begitu juga seorang dengan karma baik yang banyak akan sangat membantu memperlancar- gerak Roda kehidupannya. Disini peranan SKKB sangat penting

Sisi bebas, sisi bebas manusia dipengaruhi oleh lingkungannya, oleh kondisinya dan juga oleh situasi-nya. Semuanya .ini. menentukan ke arah mana sisi bebas ini akan bergerak, ke arah positif atau ke arah negatif. 

Lingkungan ditentukan oleh dimana dan di keluarga seperti apa dia dilahirkan. Di lingkungan dan masyarakat seperti apa dia berada. Kondisi dan situasinya memungkinkan dia berbuat baik atau malah menyeret dia berbuat jahat. Ini semua sangat mempengaruhi sisi bebas manusia. 


Kasus Sisi Bebas yang Dominan. 

Renny berumur 30-an tahun, Katholik. mempunyai strata roh yang cukup tinggi. Mempunyai SKKB yang wajarnya bagi searang awam. Renny mempunyai kemampuan supranatural yang cukup baik, dia sudah dapat melihat dan mendengar bisikan gaib. 

Renny bersama suaminya datang ke rumah untuk konsultasi mengenai kemampuan supranatural atau kemampuan spiritual yang dimiliki. Suami Renny tidak mempunyai strata roh dan sudah lama belajar spiritual, telah memiliki sedikit kemampuan spiritual. Dibandingkan dengan Renny, kemampuan suaminya belum apa-apa. Sayangnya Renny belum punya pengertian dan pemahaman spiritual. semuanya mengikuti sang suami. 

Setelah memeriksa data .pribadi Renny. saya tahu dia punya strata roh cukup tinggi dengan garis guru rohnya, punya karma yang wajar dan baik dan punya sisi bebas yang dipakai untuk menuruti keinginan si suami. 

Saya jelaskan kepada Renny dan suaminya mengenai data pribadi Renny dan siapa guru rohnya. Serta beberapa rambu laku spiritual yang perlu diperhatikan. Melihat peranan suami yang begitu dominan terhadap Renny dan Renny yang masih begitu awam terhadap pengertian dan pemahaman spiritual, saya merasa pesimis Renny akan mampu "berjalan" di garis spiritualnya yang sudah ditentukan dari "Atas". 

Sekitar 4 tahun kemudian, Renny dan suaminya kembali datang ke rumah saya meminta buku-buku terbaru saya, dan sedikit pembicaraan mengenai pengalaman laku spiritual yang mereka jalani. Mereka sekarang sudah memiliki pondok pemujaan atau paguyuban spiritual dan menerima tamu yang membutuhkan pertolongan mereka. 

Melalui mata batin saya memeriksa Renny, dugaan saya tidak salah. Renny sudah keluar dari jalan spiritual yang diturunkan dari "Atas" dan sudah ada gaib non Ilahi di belakang dia dan suaminya. 

Karena mereka tidak menyinggung dan bertanya mengenai diri rnereka, saya juga diam tidak mengatakan apa-apa mengenai diri mereka. Sayang sekali sebenarnya Renny mempunyai kesempatan baik untuk dapat berhasil laku spiritualnya. Tapi menjadi gagal karena sisi bebasnya dipakai untuk mengikuti kehendak sang suami. Kemampuan spiritual Renny jauh lebih tinggi dibandingkan suaminya. 

Beberapa kasus yang mirip dengan temukan diantara para tamu saya. Walau kadang saya harus berkata agak keras agar mereka ingat dan memperhatikan. Seperti "kalau anda tidak menjalankan dan mengikuti garis spiritual yang telah digariskan dari "atas". Perjalanan hidup anda akan banyak menemui masalah, masalah yang dipakai untuk mengingatkan dan menyadarkan anda .

Akan tetapi semuanya tetap dikalahkan oleh sisi bebasnya, pikirannya. Para dewa dan roh suci saja tidak sanggup mencampuri sisi bebas, apa lagi saya.

0 komentar

Post a Comment