Tuesday, April 5, 2016

OBSESI,SANGAT RAWAN


OBSESI,SANGAT RAWAN
Add caption
waktu saya masih disekolah menengah,saya belum kenal kata obsesi. saya baru mengenal obsesi setelah sering lihat iklan rokok starmild di TV. diantaranya terobsesi sebagai selebriti dan sebagai sutradara. apa sebenarnya obsesi itu? menurut kamus besar bahasa indonesia obsesi adalah pikiran yang terganggu secara terus menerus. tetapi apa penyebabnya dan darimana datangnya obsesi tersebut, ini adalah bidangnya seorang ahli kejiwaan. saya hanya mencoba menjelaskan secara spiritualnya saja.

menurut pendapat saya, obsesi adalah gejala kejiwaan,muncul dari pikiran dan berasal dari otak manusia. jadi kalau manusia otaknya cedera atau terganggu, dia dapat terobsesi macam-macam. misalnya terobsesi menjadi jendral atau orang kaya atau menjadi dewa dan lain-lain.

Obsesi dapat muncul dari angan-angan yang terus menerus, lamunan yang terus menerus, imajinasi yang terus menerus yang kemudian memasuki alam bawah sadarnya. Juga dapat muncul dari kata orang pintar, kata pujian orang-orang sekelilingnya memunculkan imajinasi pada dirinya dan diteruskan berapa tindakan. Maka jadilah dia terobsesi sebagaiyang terimajinasi tersebut.Disini saya hanya akan menuliskan obsesi atau terobsesi yang berhubungan dengan jalur Spiritual,Yang berhubungan dengan alam gaib saja, Juga yang berhubungan dengan strata roh seseorang.

Dulu sebelum saya mengetahui dan menyadari bahwa obsesi itu rawan dan bahkan dapat berbahaya karena mudah ditunggangi makhluk gaib non Ilahi, saya dengan mudah memberitahu dan menjelaskan mengenai strata roh seseorang atau memberitahu mengenai makhluk-makhluk suci yang mendampingi seseorang. Tetapi setelah saya tahu bahwa semuanya itu dapat menimbulkan obsesi pada orang tersebut, saya tidak mau memberitahu lagi.Ilusi dapat muncul dari diri sendiri juga dapat datang dari makhluk gaib, baik yang Ilahi maupun yang non Ilahi. Jadi perlu hati-hati dan waspada menyikapinya.

Visualisasi adalah memunculkan gambaran atau membayangkan suatu objek, apakah itu berapa sosok roh suci, tokoh yang diidolakan atau suatu tempat tertentu. Semuanya dilakukan secara aktif oleh pelakunya. Visualisasi tidak berbahaya, tetapi ada sisi positif dan negatifnya. Visualisasi positif untuk membantu konsentrasi dalam meditasi, berdoa dan lain-lain. Mempunyai sisi negatif kalau pelakunya belum mampu mewujudkan apa yang divisualisasikan itu dapat terwujud di alam gaib atau alam halus.Seperti memvisualisasikan beribu bunga dan buah untuk dipersembahkan kepada para dewa atau roh suci. Kalau pelakunya belum mampu mewujudkan apa yang divisualisasikan memasuki alam dewa atau alam roh suci, ini berarti dia membuat kebohongan. Menyebutkan dalam doa mempersembahkan ribuan bunga dan buah tapi semua visualisasi persembahan tersebut tidak muncul dan tidak terwujud di alam sana, alam para dewa. 

Beberapa kasus di bawah ini dapat memperjelas tentang obsesi itu rawan.


a. Terobsesi sebagai Bodhisatva

Budi berumur menjelang 50 tahun, satu alumni dan adik kelas saya walau berbeda jauh angkatan di kampus yang sama. Dia datang ke saya untuk bertukar pengalaman dalam laku spiritual. Cerita yang dibawa bukan main hebatnya, dia adalah Bodhisatva yg diiringi dan didampingi oleh banyak Bodhisatva. Altar Dewi Kwan Im yang ada di rumahnya setingkat dengan altar Dewi Kwan Im yang ada di Klenteng Banten. Begitu juga altar Dewa Hok Tek ceng Sin yang ada di rumahnya lebih tinggi dari altar Dewa Hok Tek Ceng Sin yang ada di Klenteng Plered, Cirebon.

Sumber dari semua cerita Budi ini adalah "kata banyak orang pintar" seperti suhu, biksu dan bante. rimpoche dan Ihama dari Tibet, Nepal, India, Thailand dan juga para orang pintar lokal Indonesia.

Budi sudah beberapa kali pergi ke mancanegara untuk bertemu dengan orang pintar. Dari pujian para orang pintar itu Budi terobsesi seolah-olah dia benar Bodhisatva dan dikelilingi oleh para Bodhisatva. oleh karena itu sikap dan prilakunya membawakan sikap dan prilaku orang hebat, orang yang mempunyai tingkat spiritual yang tinggi.

"Budi' saya biarkan bercerita tentang pengalaman cerita hebatnya selama hampir satu jam, setelah itu dia baru tanya pendapat saya, Selama Budi cerita, saya sudah menggunakan mata batin saya untuk melihat dan memeriksa apa yang ada di dalam diri Budi, juga apa yang ada di sekeliling tubuh Budi. Saya tidak melihat satu Bodhisatva pun yang ada di sekeliling Budi, apalagi ada Bodhisatva di dalam diri Budi. Sama sekali tidak ada, bahkan satu makhluk gaib non Ilahi pun tidak ada yang menempel ke badan Budi.Lalu bagaimana dapat muncul cerita Budi ini? 

Petunjuk guru roh saya, cerita Budi ini diawali dengan penemuan Budi dengan orang-orang yang dianggap mempunyai kemampuan supranatural seperti suhu dan paranormal kelas kaki lima yang memuji-muji Budi dengan pamrih uang Budi. Kemudian Budi mulai mencari pembenaran dari banyak orang pintar yang lain, dan selalu didahului oleh cerita yang dibawakan oleh Budi seperti cerita Budi pada saya di awal pertemuan dengan saya. Para orang pintar yang ditemui oleh Budi ini hampir semuanya belum mem-punyai kemampuan melihat gaib yang cukup. Mereka terpengaruh oleh cerita Budi sehingga terimajinasi oleh cerita Budi dan mengatakan Budi memang bodhisatva dan dikelilingi oleh para Bodhisatva. Budi makin yakin dan makin terobsesi bahwa dia benar orang hebat, seorang Bodhisatva.

waktu budi menanyakan pendapat saya, saya jawab bahwa saya tidak melihat satu bodhisatva pun yang mendampingi dia. saya anjurkan budi untuk tanya kepada dewi kwan im di kelenteng banten.Dan jangan lupa untuk sekalian tanya aPakah anda benar Bodhisatva.

Budi ternyata punya tanggapan yang baik. tiga hari kemudian dia sudah memberitahu saya bahwa dia sudah tanya di Banten, tapi semua pertanyaan budi Tidak dijawab oleh Dewi Kwan im, pak-pweenya selalu terbuka kedua-duanya. "Mengapa begitu? tanya Budi pada saya. "Ulangi lagi", jawab'saya.'
"Apa boleh saya tanya di altar Dewi Kwan im di rumah saya?", tanya Budi lagi. Saya jawab, "Tidak bisa. harus ke Banten lagi. Sampai berapa kali anda ke Banten supaya mendapat jawaban dari Dewi Kwan Im, saya tidak tahu.

Budi kelihatan lemas meninggalkan rumah saya, mungkin saya satu-satunya orang yang tidak memberikan pembenaran bahwa Budi dikelilingi para Bodhisatva. Semoga obsesi Bodhisatva yang ada dihati Budi dapat cepat berakhir, cepat sadar, sebelum terlambat diintervensi oleh gaib non Ilahi.

b. Terobsesi seorang Dewa

Yono berumur sekitar 50 tahun, mempunyai strata roh nirvana. Yono sudah mengangkat guru roh dan saya yang mendampingi Yono untuk menerima inisiasi pengangkatan guru roh.

Dalam menjalani laku spiritualnya Yono mendapat dukungan dari keluarganya. Istri dan anaknya sangat mendukung dan memujinya. Temyata pujian dari keluarga ini membawa petaka bagi Yono. dia mulai terobsesi bahwa dia sudah sama dengan dewa setelah mengangkat guru roh. Kalau dia sembahyang di klenteng atau vihara, dia merasa lebih hebat dari lain. Dia mengambil berkah dari altar dan menebar serta membagi-bagikan kepada orang kelilingnya. Bukan hanya itu, dia mulai memberi nasehat dan petunjuk kepada orang-orang, juga melarang ini dan itu, memerintah ini dan itu kepada orang yang berbicara dengan dia. Banyak diantara larangan dan perintah yang diberikan kepada orang- orang tersebut membuat mereka menjadi susah dan menderita. Hal ini dapat menghasilkan karma buruk bagi Yono.

Beberapa kali saya menasehati Yono tapi kurang berhasil sebab Yono sedang asik menikmati terobsesi menjadi orang hebat, seorang dewa. Sekitar satu tahun setelah mengangkat guru roh, Yono sudah ditinggal- kan oleh guru tanpa disadari dan diketahui oleh Yono.Terobsesi memang rawan.


c. Terobsesi Terima Wangsit / Firman

Tedy sejak remaja sudah tertarik dan senang pada hal gaib dan mistik, sudah banyak membaca buku- buku tentang gaib. Setelah dewasa Tedy sudah mengenal banyak ilmu dan metode ajaran gaib, ajaran metafisika dan ajaran atau teori Theosofie. Setelah berkeluarga dan menjelang tua Tedy mulai meng- gabungkan ilmu dan pengetahuan yang didapat melalui buku-buku, baik buku yang ditulis orang lokal maupun buku yang ditulis oleh orang-orang mancanegara. para Spiritualis mancanegara. Kemudian dia mulai melakukan pelatihan meditasi, tirakatan, puasa dan lain lain..Di dalam meditasi dan masuk ke samadhi. merasa mendapatkan wangsit / firman dari 'atas" dan semua wangsit atau firman itu diyakini sebagai perolehan ilmu dan pengetahuan baru, murni berasal 'dari atas'. Lalu Tedy menganggap bahwa dia mendapatkan ilmu dan metode baru mengenai keparanormal-an, Theosofie dan metafisika, yang menjembatani atau penghubung antara ilmu fisika modern dengan metafisika yang gaib dan mistik. Semuanya ini diceritakan Tedy kepada saya waktu pertama kali dia datang ke rumah saya. Dan mengajak saya untuk ikut kelompoknya menggali dan mengembangkan ilmu baru yang dia temukan.

Dengan halus saya menolak ajakan Tedy. Saya berlatar belakang ilmu eksakta, alumni teknik elektro, saya tahu artinya fisika dan metafisika. Keduanya tidak dapat disatukan. Kalau yang metafisika dapat dibawa masuk ke dimensi fisika, maka yang metafisika tadi sudah menjadi fisika dan kehilangan sifat metafisikanya. Akan tetapi Tedy masih mencoba meyakinkan saya bahwa dengan metode dan ilmu baru yang ditemukan melalui banyak wangsit, jembatan penghubung antara ilmu fisika dengan metafisika akan dapat terwujud.

Masih beberapa kali Tedy datang ke rumah saya dan memperlihatkan konsep-konsep yang dia temukan. Dari konsep yang ditulis Tedy dan yang dia yakini sebagai wangsit dari atas tadi. sebenarnya adalah konsep dan tafsiran dari para pakar fisikawan timur dan juga barat yang menulis mengenai hubungan ilmu Taois dan ilmu fisika modern, juga ajaran Budhis dengan ilmu fisika. Tafsiran-tafsiran yang dibuat oleh para fisikawan ini melenceng jauh dari kebenaran spiritual. Mereka tidak mempunyai kemampuan supranatural untuk dapat melihat gaib dan memasuki alam gaib, bagaimana mungkin mereka dapat membahasnya dengan baik dan benar.

Saya kasihan melihat Tedy, sudah berapa banyak orang yang diajak diskusi untuk dapat percaya, dapat menerima dan dapat yakin terhadap penemuan baru yang diperoleh lewat wangsit ini. Semua yang muncul dalam meditasi Tedy bukan wangsit dari atas, tetapi semuanya itu muncul dari imajinasi Tedy sendiri yang berasal dari bawah sadarnya. Dari bawah sadarnya yang mengakomodasi / terkumpul dari membaca banyak buku sejak remaja sampai sekarang, diyakini sebagai wangsit, dan terobsesi sebagai penemu ilmu baru. Semoga Tedy tidak diintervensi gaib idolanya.

d. Terobsesi diguna-guna

Rita berumur menjelang 30 tahun, diantar temannya datang ke rumah saya ingin dapat kepastian apakah dia benar diguna-guna oleh mantan pacarnya.

Ceritanya, sejak putus hubungan dengan pacarnya sekitar 6 bulan yang lalu, dia selalu terbayang wajah sang pacar, setiap saat masih teringat terus pada mantan pacar ini. Oleh temannya, Rita diberitahu bahwa dia pasti diguna-guna oleh mantan pacar, maka rita diajak konsultasi ke paranormal. Setelah mendengar cerita Rita, sang paranormal mengatakan bahwa Rita memang diguna-guna oleh Pacarnya- Untuk menghilangkan guna-guna itu'harus diadakan ritual tertentu dengan biaya yang lumayan. Setelah dua minggu berlalu, temyata bayangan wajah mantan pacar Rita tetap ada. Ritualnya gagal.

Teman Rita yang lain mengajak ke paranormal yang lain. Rita memberi cerita yang sama tentang guna-guna sang mantan pacar. Paranormal yang ini- pun membenarkan dugaan Rita, bahwa Rita memang kena guna-guna. Untuk menyingkirkan guna-guna ini, Rita harus keluar uang lagi untuk paranormal ini. Hasil kerja paranormal inipun gagal. Ke paranormal yang ke-3 juga sama, sudah membayar lumayan mahal, hasilnya tidak ada.

Kedatangan Rita ke rumah saya adalah tempat ke- 4 dimana dia mencari solusi atau jalan keluar untuk menghilangkan guna-guna mantan pacar. Setelah saya periksa dengan mata batin, saya beritahu Rita bahwa pada dirinya tidak ada guna-guna apapun. Sang mantan pacar tidak pemah mengirimkan guna-guna kepadanya. Malahan di badan Rita ada 3 makhluk halus yang menempel, berasal dari 3 paranormal yang sudah didatangi Rita. Mungkin ketiga paranormal ini percaya cerita Rita diguna-guna mantan Pacar' memberikan pelindung pada Rita berapa masing masing'satu makhluk" halus. Kemungkinan ketiga paranormal yang didatangi Rita belum mampu melihat"gaib, hanya berdasarkan cerita dan gejala yang dialami Rita saja, kemudian Rita diberi pelindung diri dari guna-guna mantan pacar.

Memori atau kenangan indah Rita bersama sang pacar butuh waktu untuk hilang. Belum sampai hilang memori indah itu, Rita percaya perkataan dan dugaan bahwa dia pasti diguna-guna oleh mantan pacar. Maka jadilah Rita terobsesi dia diguna-guna dan membuat cerita bahwa dia benar-benar diguna-guna mantan pacar lengkap dengan sikap yang dibawakan-nya. Sebelum pulang Rita saya anjurkan untuk berangsur-angsur melupakan mantan pacar, melupa-kan dugaan dan anggapan mengenai guna-guna serta membuang 3 buah jimat pemberian 3 paranormal itu.

Dalam kondisi lemah dan pikiran kacau, orang dapat mudah terobsesi, maka perlu selalu hati-hati dan waspada. Terobsesi memang rawan.

0 komentar

Post a Comment