Sunday, September 23, 2018

Makna festival musim gugur / zhong qiu

Moon cake / kue bulan

Tanggal 15 bulan ke-8 Yīnlì  adalah saat bulan purnama pertengahan musim rontok (Zhōngqiū ) di belahan bumi sebelah utara khatulistiwa.Saat itu cuaca baik dan bulan nampak sangat cemerlang. Para petani sibuk dan gembira karena sedang berada di tengah musim panen.  Maka musim itu dihayati sebagai saat-saat yang penuh berkah Tiān Tuhan yang Maha Esa lewat berkah dari bumi, yang menghasilkan air, bebagai biji-bijian, buah dan sayur-sayuran.
Maka untuk persembahyangan di saat bulan purnama yang cemerlang yang disebut sembahyang Qiūcháng  di saat Zhōngqiū itu, disamping adalah saat untuk sembahyang mensyukuri karunia rakhmat Tuhan yang Maha Esa, maka juga, dilakukan sembahyang kepada Fú Dé Zhèng Shén (Malaikat Bumi) sebagai pernyataan syukur kita kepada beliau.

Sebagai sajian khusus adalah Zhōngqiū Yuèbĭng (kue pertengahan musim rontok), yang melukiskan bulat dan cemerlangnya rembulan, Rembulan itu -seperti juga bumi kita- adalah melambangkan sifat Tài Yīn (sifat Negatif Besar).  Maka dari itu kue Zhōngqiū Yuèbĭng yang melukiskan rembulan dan bumi itu sebenarnya juga melambangkan  Fú Dé Zhèng Shén (Malaikat Bumi).

Di dalam Upacara Sembahyang Besar Qiuchang di saat Zhōngqiū hendaknya kita meyakini makna yang tersirat di dalamnya, yakni bahwa keMaha Besaran dan keMaha Pengasihan Tuhan dengan segenap karunia-Nya itu hendaknya mendorong dan meneguhkan iman manusia untuk senantiasa menjunjung dan memuliakan Kebajikan (Dé), karena kita mesti menyadari makna Fú Dé Zhèng Shén itu ialah Malaikat Sejati yang Membawakan Berkah (Fú ) atas Kebajikan (Dé).

Perlu diketahui pula bahwa menghormati dan bersembahyang kepada malaikat Fú Dé Zhèng Shén hendaknya mengingatkan kita akan sabda Nabi Yī Yĭn di dalam kitab  Shūjīng  yang berbunyi : ‘Sungguh milikilah yang satu-satunya, yaitu Kebajikan, karena itulah yang benar-benar berkenan kepada Tuhan’ (鹹有一德克享天心 xián yŏu yì dé, kè xiǎng tiān xīn). ‘Jangan berkata bahwa Tuhan memihak kepadaku, tetapi sesungguhnya Tuhan hanya melindungi kepada yang satu itu, yakni Kebajikan yang murni’ (非天私我 有商, 惟天祐於一德, fēi tiān sī wŏ yŏu shāng, wéi tiān yòu yú yì dé). Dipermuliakanlah!

Maha Besarlah Huáng Tiān yang senantiasa mengaruniakan kita manusia berkah melalui Malaikat Bumi (Fú Dé Zhèng Shén), demikian juga karunia tuntunan kebajikan dari Yang Mulia Nabi Yī Yĭn. Semoga dengan persembahyangan kita kali ini, kita senantiasa teguh dalam kebajikan, dalam Jalan Suci, sehingga berkat dan rakhmat Huáng Tiān  akan selalu dianugerahkan kepada kita semua, dipermuliakanlah.

S h à n z ā i.

0 komentar

Post a Comment