Thursday, April 7, 2016

BEBERAPA AJARAN AGAMA DITAFSIRKAN LAIN

Beberapa ajaran agama ditafsirkan berbeda
jangan menilai sebelum mengerti dan memahami apa yang akan dinilai.

Beberapa kitab suci ditulis dalam bentuk syair atau ungkapan-ungkapan yang masih samar. Oleh karena itu beberapa orang juga dapat membuat penafsiran yang berbeda. Diantaranya sebagai contoh: 

a. Agama Hindu, adalah agama yang sudah tua, malah ada yang mengatakan sebagai agama primitif sebab banyak memuja patung-patung, binatang dan lain-lain. Dan banyak kuil pemujaan yang dianggap seperti jaman primitif dulu. Saya tidak setuju dengan anggapan seperti ini, saya malah menganggap bahwa ajaran dalam agama Hindu adalah dasar atau cikal bakal ajaran agama-agama yang datang kemudian. 

- Agama Hindu dihindari dan dicela oleh sebagian orang yang 'sudah modem' karena mencantumkan ajaran kasta. Kasta yang dipahami sebagai penindasan manusia atas manusia. Dalam praktek kenyataannya memang anggapan seperti itu terlalu salah. Kesalahan ini bukan disebabkan ajarannya, tetapi manusianya yang salah. Manusianya yang salah memahami dan menerapkan prilaku hidupnya sehari-hari.

Kasta bukan bertujuan untuk membeda-bedakan derajat manusia agar derajat yang lebih tinggi dapat berbuat semena-mena terhadap derajat yang lebih rendah, bukan seperti itu. Kasta bertujuan agar komunikasi dan pekerjaan dapat berjalan dengan baik, dapat dimengerti dengan baik dan benar. Sampai sekarang, di jaman modern ini, sebetulnya sistem ajaran kasta masih dipakai oleh orang di seluruh dunia, apapun agama dan kepercayaan mereka. 

-Penjelasan dan pemahaman kasta, baik dibidang ilmu pengetahuan eksakta maupun ilmu sosial dan kesehatan, bahkan dihidang bisnis, semuanya memakai jalur kasta. Sebab ajaran kasta adalah cikal bakal atau asal muasal adanya hirarki, birokrasi, organisasi dan manajemen modem. Hanya konteksnya yang berbeda, bukan untuk membedakan derajat manusianya, tetapi untuk membedakan fungsi dan bidang tugas yang dikerjakan oleh manusia itu. Pertemuan eksekutif dihadiri orang-orang tingkat eksekutif. Pertemuan pekerja lapangan dihadiri para mandor dan para pekerja lapangan. Para pekerja lapangan tidak akan mengerti dan tidak dapat memahami materi yang dibahas dalam pertemuan para eksekutif. Begitu juga sebaliknya. Jadi seperti itulah tujuan dari ajaran kasta dalam agama Hindu yang saya serap. 

-Sayangnya banyak manusia yang menyalahgunakan tujuan baik menjadi tidak baik untuk orang lain.Maunya hanya baik untuk diri sendiri atau kelompoknya atau kalangannya sendiri. jadiah kasta digunakan oleh kalangan kasta tinggi menindas kasta yang lebih rendah, sampai ke anak cucunya.

-Agama Budha, dalam ajarannya memperbaiki penyelewengan manusia terhadap pemahaman ajaran kasta. Inti ajaran Budha adalah kebijaksanaan.
mengajarkan manusia agar berbuat dan bertindak bijaksana. Kasta yang sudah disalah-gunakan untuk menindas dihapus di dalam ajaran Budha. Karma dan reinkarnasi dan beberapa ajaran lainnya ada di ajaran Budha maupun Hindu.

b. Agama Islam, ada sebagian orang non muslim trauma terhadap agama Islam hanya karena agama ini memperbolehkan umat lelakinya beristri empat. Lalu menganggap agama Islam tidak baik. Orang yang memiliki anggapan seperti itu karena mereka tidak tahu dan tidak mengerti mengapa nabi Muhammad memperbolehkan laki-laki beristri empat. 

- Agama Islam diturunkan untuk menolong manusia di daerah Arab, di padang pasir daerah Arab yang pada waktu itu dihuni oleh banyak suku-suku liar padang pasir. Suku-suku liar ini menganggap perempuan sebagai binatang yang dapat dijual-belikan. Dalam perang suku, para lelaki dibunuh dan perempuannya dijarah, diperlakukan sebagai binatang yang dapat dijual-belikan. Seringnya Perang suku yang berkepanjangan membuat jumlah lelaki menjadi sangat berkurang dan jumlah perempuan banyak. Banyak yang sangat menderita, dijual belikan dan juga tidak punya suami dan tempat untuk berlindung. Nabi Muhammad menjalankan misi dari Allah dengan tugas menolong manusia di tanah Arab yang sebagian besar orang-orangnya masih liar. Nabi Muhammad tidak akan berhasil kalau memakai cara-cara seperti Sang Budha atau Yesus Kristus, yaitu melalui khotbah-khotbah ajaran agama. Menghadapi suku liar seperti itu perlu dengan cara menaklukkan mereka dengan perang, baru kemudian diajarkan agama agar mereka menjadi orang baik. Banyak perempuan yang terlunta-lunta karena tidak punya suami dan keluarga. Sedangkan jumlah laki-laki sangat sedikit akibat perang berkepanjangan, maka nabi Muhammad mengijinkan pria beristri sampai empat dengan syarat para istri itu harus diperlakukan sama dan adil. Jadi tujuan agama Islam memperbolehkan pna beristri empat pada waktu itu, sekitar 1400 tahun yang lalu di padang pasir Arab, adalah untuk menolong dan menaikkan harkat kaum perempuan. Bukan dengan tujuan yang negatif. 

Sekali lagi', sifat manusia yang pintar menyalah gunakan kesempatan, maka sampai .sekarang di jaman modern ini dimana emansipasi prempuan perlu dihargai, justru ajaran untuk menolong kaum perempuan di tahun 600-an itu masih digunakan untuk menyusahkan kaum perempuan jaman sekarang. 

- Jadi sekali lagi, jangan menilai sebelum mengerti dan memahami apa yang akan dinilai.

0 komentar

Post a Comment