Thursday, April 7, 2016

YANG UNIVERSAL = GADO-GADO

YANG UNIVERSAL = GADO-GADO
Add caption
YANG UNIVERSAL = GADO-GADO
Add caption
Kata universal memiliki arti umum atau semua. Dapat menerima semua dan dapat diterima semua. Motor listrik yang dapat dijalankan dengan arus listrik  searah / batere dan juga dapat dijalankan dengan listrik arus bolak balik / PLN disebut motor universal, bisa AC dan DC. 

Spiritual universal artinya bisa menerima dan menyerap bermacam-macam ajaran spiritual atau ajaran agama. Karena bermacam-macam maka boleh juga kalau dikatakan sebagai gado-gado ajaran spiritual. Nah, yang gado-gado ini sering memiliki kriteria murah. Gado-gado adalah makanan kelas murah atau murahan. Jadi aliran universal yang dapat menerima dan menyerap banyak ajaran agama atau spiritual ini dapat dianggap sebagai aliran gado-gado. Yang juga mungkin memiliki kriteria 'murahan Apakah benar demikian? 

Aliran spiritual universal sudah lama ada seperti aliran Tri Dharma yang menggabungkan ajaran, yaitu ajaran agama Khong Hu Cu, agama TAO dan agama Budha. 

Aliran Kejawen yang mengadopsi atau menyerap ajaran-ajaran Hindu, Budha, Islam dan ajaran kebudayaan tanah Jawa. 

Aliran Bahai yang berasal dari Timur Tengah menyerap banyak ajaran-ajaran agama yang telah ada seperti Judaisme, Yahudi, Kristen, Islam, Hindu, Budha dan lain-lain. Aliran ini didirikan sekitar 150 tahun yang lalu oleh Mirza Husain Ali sebagai nabi-nya, dikenal sebagai Bahaulah. Para pengikutnya disebut Bahai. Seperti pengikut Yesus Kristus disebut Kristen. Ajaran dasar aliran ini adalah keyakinan akan adanya satu Tuhan, satu agama dan satu umat manusia. 

Dalam perjalanan sejarah agama, berkembang mengikuti perkembangan jaman, menjadikan agama memiliki bermacam-macam nama yang berbeda dengan nabi-nabi yang berbeda dan menyebarkan ajaran-ajarannya di tempat dan waktu yang berbeda pula. Semuanya dengan inti ajaran kebenaran yang sama, yaitu untuk menolong manusia agar dalam menjalani hidupnya dapat menjadi manusia yang baik. 

Aliran New Age atau Jaman Baru. Aliran atau kelompok ini bukan agama, tidak ada nabinya, juga tidak ada kitab sucinya. Kelompok New Age ini bermula di Amerika Serikat kemudian menyebar ke Eropa dan lain-lain. Seperti aliran Bahai, kelompok ini juga menyerap dan mengadopsi berbagai macam ajaran kebenaran dari berbagai agama yang telah ada. Mereka meyakini adanya satu Tuhan. Semua ajaran agama berasal dari satu Tuhan, yaitu ajaran kebenaran untuk menolong manusia. Mereka menganggap Tuhan tidak akan mengubah nasib manusia tampa manusia itu sendiri ikut berusaha mengubah nasibnya.

Di dalam buku ini saya hanya akan menulis mengenai aliran Tri Dharma saja dengan berselingan dari ajaran Kristen. 

0 komentar

Post a Comment