Tuesday, June 13, 2017

Silsilah marga Li (李)

Raja Yao
Bentuk awal dari marga Li, dapat dilacak dari akhir Dinasti Shang (士1100SM ) dan pertama kali digunakan oleh Gao Yao. Mengabdi pada Raja Yao, Gao Yao adalah seorang pejabat pengadilan senior, kedudukannya disebut Dali (理).Keturunan Gao Yao mewarisi Posisinya pada masa dinasti Shang. Posisi pemerintahan sudah menjadi lazim dipakai sebagai marga dan keturunannya, oleh karena itulah keturunannya menggunakan marga Li (李). 

Raja Zhou dari akhir Dinasti Shang adalah seorang raja yang lalim. Salah satu keturunan Gao Yao yang bernama Li Zheng dengan berani menunjukkan kesalahan dan mendesak sang raja untuk memperbaiki perilaku yang tak terpuji tersebut.Raja Zhou menjadi berang dan akhirnya membunuh Li Zheng. Istri Li Zheng bersama anak laki-lakinya yang masih kecil. Li Lizhen lari ke barat Henan. Istri Li Zheng bersama anaknya kemudian tiba di lokasi bekas pemukiman suku Yi yang runtuh. (di lembah sungai Yi). Mereka merasa lapar dan haus. Anak Li Zheng, melihat sebatang pohon muzi. bertanya pada ibunya:" ibu bolehkah saya memakan buah liar ini ?" 

Ibunya menjawab: "Tentu saja boleh muzi dapat mengenyangkan rasa laparmu dan menghilangkan rasa dahaga.

Akhirnya mereka dapat mempertahankan hidup berkat buah muzi dan terhindar dan penyiksaan Raja Zhou.

Li Lizhen menggabungkan dua karakter muzi (木子) untuk mebentuk karakter marga Li yang baru yaitu Li (李)dari sinilah marga Li muncul.

Tokoh-tokoh terkenal bernama Li:

• Banyak para Kaisar dari Dinasti Tang (618-907 M ) antara lain adalah Li Yuan. Li Shimin, Li Long Ji (Xuan Zong).

1 komentar: